Tiga Contoh Bisni Franchise Menguntungkan

Tiga Contoh Bisni Franchise Menguntungkan

Apa itu franchise?

Tiga Contoh Bisnis Franchise Menguntungkan. Franchise adalah model bisnis yang menawarkan hak kepada pihak lain (franchisee) untuk menjual produk atau jasa dengan menggunakan nama dan sistem operasional dari pemilik merek atau franchisor. Dalam sebuah franchise, franchisee harus membayar sejumlah uang sebagai fee awal dan royalti secara berkala kepada franchisor.

Dalam sebuah bisnis franchise, franchisor memberikan dukungan terhadap berbagai aspek usaha seperti training karyawan, pengadaan bahan baku hingga strategi marketing yang telah terbukti sukses. Hal ini bertujuan agar bisnis dapat berjalan lebih efisien dan berhasil di pasaran.

Keuntungan bagi franchisor adalah mereka bisa memperluas bisnisnya tanpa harus mengeluarkan modal besar dalam bentuk investasi. Sedangkan keuntungan bagi franchisee adalah mereka mendapatkan peluang untuk memulai usaha dengan brand yang sudah dikenal masyarakat serta mendapatkan dukungan dari sisi operasional sehingga dapat meminimalkan resiko kegagalan.

Namun perlu diingat bahwa menjadi bagian dari sebuah bisnis franchise juga memiliki risiko tersendiri seperti adanya aturan main yang ditetapkan oleh franchisor serta biaya royalti yang dibayarkan secara berkala. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk bergabung dengan suatu merek tertentu sebagai franchisee ataupun merintis bisnis sendiri sebagai franchisor, ada baiknya melakukan penelitian terlebih dahulu tentang potensi pasar dan prospek kedepannya.

Keuntungan franchisor dan franchisee

Franchise adalah cara yang sangat populer bagi pengusaha untuk memperluas bisnis mereka dengan mengizinkan orang lain untuk menggunakan merek, produk dan layanan mereka. Sistem franchise ini memberikan keuntungan baik bagi franchisor maupun franchisee.

Bagi franchisor, sistem franchise bisa menjadi peluang besar untuk memperluas bisnis tanpa harus menanggung semua risiko finansial dan operasional di lokasi baru. Dalam sistem ini, biaya pembukaan gerai biasanya ditanggung oleh franchisee sehingga tidak perlu lagi merogoh kocek besar dari sisi franchisor. Selain itu, pengembangan jaringan usaha juga bisa lebih cepat karena adanya kerjasama dengan pihak-pihak terkait.

Sementara itu, bagi franchisee sendiri punya banyak keuntungan dalam menjalankan bisnisnya seperti mendapatkan dukungan dari sebuah merek yang sudah dikenal luas serta memiliki sistem manajemen yang telah teruji dan terbukti efektif secara pasar. Para calon entrepreneur juga akan mudah masuk ke dunia bisnis tanpa harus membuka usaha dari nol atau mencoba-coba.

Namun demikian, sebagai seorang pebisnis tentunya ada beberapa kendala yang mesti dihadapi ketika berbicara tentang persyaratan kontrak antar kedua belah pihak agar dapat saling bersinergi demi kesuksesan bersama. Namun jika selalu dilakukan dengan hati-hati dan cermat maka tentunya kesempatan sukses di depan mata sangatlah memungkinkan!

Baca Juga  Kelebihan Memiliki Layanan Perbanka Anak Muda

3 Contoh bisnis franchise di Indonesia

Franchise adalah bisnis yang sedang trend di Indonesia. Dalam sebuah franchise, pemilik merek atau franchisor memberikan hak usaha kepada pihak lainnya yaitu franchisee untuk menjual produk atau jasa mereka dengan menggunakan merek dan sistem yang sudah diberikan. Bagi para calon pengusaha, menjadi seorang franchisee bisa menjadi alternatif untuk memulai bisnis tanpa harus memikirkan konsep dan branding dari awal.

Berikut ini adalah tiga contoh bisnis franchise menguntungkan di Indonesia:

1. Kedai Kopi Sejiwa
Kedai kopi Sejiwa telah memiliki lebih dari 100 gerai di seluruh Indonesia dalam waktu yang relatif singkat. Konsep kedai kopi ini menawarkan suasana santai dan menyenangkan bagi pelanggan dengan harga terjangkau serta menu berkualitas tinggi.

2. Es Teler 77
Es Teler 77 merupakan waralaba makanan cepat saji asli dari Indonesia yang sukses hingga ke luar negeri seperti Amerika Serikat dan Australia. Menu andalan es teler-nya sangat disukai oleh masyarakat karena rasa manis alami buah segar.

3. Indomaret
Indomaret adalah salah satu perusahaan ritel modern pertama di Indonesia yang berhasil membuka ribuan cabang toko serba ada tersebar luas di seluruh wilayah nusantara serta memiliki basis pelanggan setia.

Dengan bergabung sebagai franchisor pada ketiga jenis bisnis tersebut maka kita dapat merasakan keuntungan finansial secara stabil meskipun persaingan usaha semakin ketat saat ini.

Kesimpulan

Dari ketiga contoh bisnis franchise di atas, dapat disimpulkan bahwa investasi dalam bisnis franchise memang bisa sangat menguntungkan. Namun, sebelum memutuskan untuk membeli sebuah waralaba, calon investor harus melakukan riset dan analisis yang matang terhadap pasar lokal, produk dan jasa yang ditawarkan oleh franchisor, serta persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan.

Selain itu, penting bagi calon investor untuk memiliki kemampuan manajerial atau keterampilan teknis sesuai dengan jenis usaha yang akan dilakukan. Dengan begitu, kesempatan untuk sukses dalam berbisnis semakin besar.

Namun demikian, meskipun banyak keuntungan dari bisnis franchise ini namun tetap saja ada resiko kerugian jika tidak dikelola dengan baik. Oleh karena itu sebaiknya para pelaku industri pertama-tama menyadari betul tantangan sisi manajemen dalam menjalankan sistem waralaba ini.

Jadi tunggu apa lagi? Jika Anda tertarik mencoba peruntungan melalui bisnis franchise seperti contoh-contoh di atas atau pun lainnya maka pastikan Anda benar-benar mengetahui prospek perkembangan dari jenis usaha tersebut dan siap menangani segala risiko yang mungkin terjadi. Selamat mencoba!

Baca Juga  mendapatkan pendapatan di Medan sukses

Untuk informasi lainnya: prosnconsguild.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *